Cara Mengambil Screenshot di Laptop Windows, MacBook, atau Chromebook

Ada beberapa cara untuk mengambil screenshot di laptop Anda. Platform komputasi utama termasuk Windows, macOS, dan Chrome OS secara native memberi Anda opsi untuk mengambil tangkapan layar dan menyimpan konten di layar untuk penggunaan di masa mendatang. Ada banyak cara pintas yang bisa Anda gunakan untuk mengambil screenshot di laptop Anda. Anda dapat dengan cepat mengedit tangkapan layar yang Anda ambil untuk memotong bagian yang tidak berguna dan menyembunyikan detail pribadi. Ada juga banyak cara untuk langsung membagikan tangkapan layar dengan orang lain, seperti melalui email.

AppleGoogle, dan Microsoft telah menyediakan cara berbeda untuk mengambil tangkapan layar di laptop Anda. Ada juga aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengambil tangkapan layar dan mengeditnya. Tetapi Anda juga dapat menggunakan mekanisme bawaan komputer Anda untuk melakukannya.

Pada artikel ini, kami akan memberi Anda panduan langkah demi langkah tentang cara mengambil tangkapan layar di laptop Anda. Petunjuknya mencakup langkah-langkah berbeda untuk platform WindowsmacOS, dan Chrome OS untuk memudahkan Anda mengambil tangkapan layar terlepas dari merek dan model perangkat Anda.

Cara mengambil tangkapan layar di laptop Windows

Pertama, kami membahas langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mengambil tangkapan layar di laptop Windows. Microsoft telah memberikan dukungan untuk tombol PrtScn untuk menangkap tangkapan layar di Windows selama beberapa waktu. Namun dengan komputasi modern yang menggunakan antarmuka grafis, komputer Windows telah menerima aplikasi Snip & Sketch yang telah dimuat sebelumnya. Ini membawa opsi Rectangular Snip untuk memungkinkan Anda menyeret kursor di sekitar objek untuk membentuk persegi panjang, Snip bentuk bebas untuk menangkap tangkapan layar dalam bentuk apa pun yang Anda suka, dan Window Snip untuk mengambil tangkapan layar dari jendela tertentu dari beberapa jendela yang tersedia pada sistem Anda. Aplikasi ini juga memiliki opsi Fullscreen Snip untuk menangkap seluruh layar sebagai tangkapan layar. Langkah-langkah untuk mengambil tangkapan layar pada mesin Windows diberikan di bawah ini.

  1. Tekan tombol logo Windows + Shift + S secara bersamaan. Anda akan melihat bilah snipping di layar Anda.
  2. Pilih di antara Rectangular Snip , Freeform Snip , Window Snip , dan Fullscreen Snip .
  3. Untuk Rectangular Snip dan Freeform Snip , pilih area yang ingin Anda tangkap menggunakan kursor mouse.
  4. Setelah ditangkap, tangkapan layar disimpan ke clipboard Anda secara otomatis. Klik notifikasi yang Anda dapatkan setelah mengambil tangkapan layar untuk membukanya di aplikasi Snip & Sketch.
  5. Anda dapat membuat penyesuaian dan menggunakan alat untuk menyesuaikan tangkapan layar, seperti memotong atau memperbesar.
  6. Sekarang, klik ikon simpan di aplikasi untuk menyimpan tangkapan layar Anda.

Jika Anda adalah pengguna Windows jadul, Anda tentu saja dapat menggunakan tombol PrtScn untuk menyimpan tangkapan layar seluruh layar ke clipboard Anda. Anda kemudian dapat menempelkannya ke aplikasi MS Paint atau aplikasi editor foto lainnya, menyesuaikannya, dan menyimpannya sebagai gambar di komputer Anda. Anda juga dapat menekan tombol PrtScn bersama dengan tombol logo Windows untuk mengambil dan menyimpan tangkapan layar Anda langsung ke perpustakaan Gambar di komputer Anda.

Cara mengambil tangkapan layar di MacBook atau komputer Mac lainnya

Tidak seperti komputer Windows, mesin Mac tidak memiliki aplikasi bawaan atau dukungan untuk mengambil tangkapan layar menggunakan tombol khusus. MacOS Apple, bagaimanapun, juga memiliki cara asli untuk mengambil tangkapan layar di MacBook dan komputer Mac lainnya. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang merinci bagaimana Anda dapat melakukannya.

  1. Tekan Shift + Command + 3 bersama-sama untuk mengambil tangkapan layar seluruh layar.
  2. Thumbnail sekarang akan muncul di sudut layar Anda untuk mengonfirmasi bahwa tangkapan layar telah diambil.
  3. Klik pratinjau tangkapan layar untuk mengeditnya. Jika Anda tidak ingin mengeditnya, Anda dapat menunggu tangkapan layar disimpan ke desktop Anda.

Jika Anda tidak ingin menangkap seluruh layar, Anda dapat menekan dan menahan tombol Shift + Command + 4 secara bersamaan. Ini akan membawa penunjuk crosshair yang dapat Anda seret untuk memilih bagian layar yang ingin Anda tangkap. Anda juga dapat memindahkan pilihan dengan menekan bilah Spasi sambil menyeret. Anda juga dapat membatalkan dengan menekan tombol Esc .

Apple juga memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dari jendela atau menu di Mac dengan menekan Shift + Command + 4 + Space bar secara bersamaan.

Secara default, macOS menyimpan tangkapan layar ke desktop Anda. Apple, bagaimanapun, memungkinkan pengguna untuk mengubah lokasi default dari tangkapan layar yang disimpan di macOS Mojave dan versi yang lebih baru. Itu dapat dilakukan dari menu Opsi di aplikasi Tangkapan Layar.

Cara mengambil tangkapan layar di Chromebook

Google Chrome OS juga memiliki pintasan yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar di Chromebook. Anda dapat menekan Ctrl + Show Windows untuk mengambil tangkapan layar dari layar penuh. Anda juga dapat mengambil tangkapan layar sebagian dengan menekan Shift + Ctrl + Show Windows secara bersamaan lalu mengklik dan menyeret area yang ingin Anda tangkap.

Chrome OS di tablet memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar dengan menekan tombol Daya dan tombol Volume turun secara bersamaan.

Setelah diambil, tangkapan layar di Chrome OS juga disalin ke papan klip sama seperti Windows. Anda dapat menempelkannya ke aplikasi untuk menyimpannya untuk digunakan di masa mendatang.

Jika Anda ingin mencari informasi seputar dunia teknologi, dan gadget Anda dapat mengunjungi https://detiker.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *